Thursday, August 16, 2012

Family Guy (TV-Series)

Family Guy

Lucky there’s a family guy /  Lucky there’s a man who’ll positively can do all the things that make us laugh and cry / Here’s the family guy! //

“Family Guy” adalah sebuah TV-series komedi-situasi bergaya animasi 2D yang ditayangkan di saluran Fox di Amerika Serikat. TV-series ini telah tayang sejak tahun 1999 hingga kini (siarannya sempat dihentikan pada tahun 2003, namun kembali tayang pada tahun 2005). Kreator TV-series ini adalah Seth MacFarlane yang baru-baru ini mencuat setelah rilis film perdananya, “Ted”.

Cerita “Family Guy” berpusat pada kehidupan keluarga Griffin yang tinggal di sebuah kota bernama Quahog di negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat. Keluarga Griffin terdiri atas pasangan suami-istri Peter Griffin dan Lois Griffin beserta tiga anaknya: Meg, Chris, dan Stewie, serta satu anjing peliharaan yang bisa berbicara, Brian. Menapaki season ke-11, “Family Guy” masih digemari oleh masyarakat Amerika Serikat (dan negara-negara lain yang membeli hak siarnya). Bahkan, TV-series ini telah merebut 5 piala Emmy.

“Family Guy” menarik bagi gw karena, jujur, gw ngakak abis-abisan nonton series ini. Yaa mungkin tidak ngakak terus-terusan karena banyak juga kisah drama keluarga yang selalu menjadi poin utama dalam setiap tayangannya. Tetapi, gw harus akui humor dan kekonyolan di “Family Guy” selalu berhasil. “Family Guy” sangat piawai memainkan kondisi terkini untuk dijadikan humor sehingga jangan heran bahwa sangat sering “Family Guy” mencatut dan mengutip entah tokoh, film, musik, atau kondisi yang telah atau tengah terjadi di Amerika sana sebagai bahan bercandaan. Gampangnya, series ini jago banget deh bikin plesetan!

Di samping itu, setiap tokoh dalam series ini juga membawa keunikan tersendiri. Peter Griffin (disuarakan oleh Seth MacFarlane), misalnya, adalah ayah yang gendut, berkacamata, selalu tampil bodoh, dan punya nada tertawa yang agak unik (dan menjengkelkan). Lois (disuarakan oleh Alex Borstein), sebaliknya, adalah istri yang cantik, baik hati, dan bisa gw bilang, sedikit “tertindas” oleh suaminya, tetapi sangat mencintai keluarga. Meg (disuarakan oleh Mila Kunis) adalah siswi SMA yang agak cupu, insecure, dan bisa jadi dialah tokoh yang paling sering “ditindas” baik oleh Peter, Chris, bahkan Stewie. Chris (disuarakan oleh Seth Green) adalah siswa SMP yang sama gendutnya, sama bodohnya, dan memiliki nada tertawa (bahkan nada bicara) yang sama menjengkelkannya dengan ayahnya.
"Victory is mine!" -- Stewie Griffin
Stewie Griffin dan Brian adalah karakter yang paling menarik perhatian gw karena dua tokoh ini yang paling notable dari series ini. Stewie Griffin (disuarakan oleh Seth MacFarlane dengan amat gemilang sehingga ia meraih Emmy atas prestasinya melakukan voice-over untuk karakter ini) adalah bayi yang berumur satu tahun dan berkepala mirip bola rugby. Gaya bicaranya sangat eksentrik dan flamboyan. Dia pakai aksen upper-class British yang bagi gw sangat keren. He is infant but he ain’t no ordinary infant. Obsesinya adalah membunuh Lois yang kerap melarangnya bermain dengan senjata-(mainan)-nya. Ia mahir menciptakan alat-alat sci-fi thingy (okay just accept it, it’s just a fregging sitcom) dan kosakata berbicaranya itu sangat rumit. Stewie “bersahabat” dengan Brian (disuarakan juga oleh Seth MacFarlane), anjing yang (somehow) bisa berbicara dan berjalan dengan dua kaki. Brian tampil bijak, dewasa, dan membaca buku-buku “berat”. Ia bahkan jauh lebih pintar daripada Peter. Bisa dibilang, jika Stewie agak villain, maka Brian lebih protagonis. Dua karakter ini yang membuat “Family Guy” tampil lebih keren. I mean, what can be cooler than an infant and a dog drink beers or steal cars?

Gaya animasi series ini mengingatkan kita pada "The Simpsons", walaupun karakternya digambarkan nyata seperti manusia normal. Begitupun dengan tema keluarga yang diangkat. Seperti series populer lainnya, “Family Guy” telah menelurkan beberapa tie-in dengan tema khusus. Bagi gw, series ini sangat “berani” dalam mengambil topik-topik humor. Tidak jarang mereka terang-terangan menyebut nama (baik tokoh maupun objek) atau peristiwa dan menjadikan itu sebagai humor. Jadi, jangan kaget jika “Family Guy” Anda pikir kur*ng-aj*r; memang di sanalah humornya datang. Anyway, sebagai sebuah sitcom keluarga, gw banyak mengambil pesan moral yang slightly insignificant yet important dalam plot yang (IMHO) agak ngawur dalam setiap tayangannya. Tontonlah series ini sebagai hiburan semata. Stewie Griffin, you ROCK! :) 

Family Guy


 acceptable 

Family Guy
FAMILY GUY
YEAR 1999-2003; 2005-now
AIRED ON Fox, USA
LATEST SEASON 11 (current)
GENRE Animation, Comedy
CAST Seth MacFarlane,
Alex Borstein, Seth Green,
Mila Kunis
CREATOR Seth MacFarlane
MORE ABOUT THIS TV-SERIES
see IMDB page

2 comments:

  1. i love FG, so funny, walaupun ga sopan tp tetep keren haha.

    ReplyDelete
  2. banget! terutama Stewie Griffin haha.

    ReplyDelete

Share your thoughts!