Wednesday, August 29, 2012

The Cabin in The Woods (2012)

The Cabin in The Woods

Well, pada awalnya film ini sama sekali ga masuk hitungan gw untuk gw tonton tahun ini. Bisa jadi karena hampir tidak ada horor Hollywood akhir-akhir ini yang bisa tampil memukau. Yaa gw akui gw juga ga terlalu hobi nonton film horor sih, walaupun gw masih tetap minat nonton film horor tertentu. Dari berbagai review dari berbagai situs film maupun blog, gw mendapati review-review yang luar biasa tentang “The Cabin in The Woods” (TCITW). Ini yang kemudian membuat gw begitu excited untuk nonton TCITW.

The less you know about this movie, the better. Itu sebabnya gw akan berusaha merangkai posting kali ini sedemikian rupa agar Anda semua masih tetap excited tentang film ini. Ceritanya klise banget! Lima orang muda-mudi berlibur ke cabin (rumah singgah) di hutan, lalu horor mulai muncul sejak mereka tiba di hutan. That’s it! Bukan sebuah ide cerita yang out-of-the-box kan? Tetapi, seperti yang tertulis di trailer-nya, “You think you know the story, you think you know the place. Think again,” film ini tidak berjalan semulus yang Anda duga.

Cast-nya pun biasa-biasa saja. Dari seluruh pemeran, hanya Chris Hemsworth yang paling familiar (Kenal kan? Dia yang jadi "Thor"). Di sini, ia memerankan Curt. Curt dikisahkan sebagai cowok yang sporty dan berpacaran dengan Jules (diperankan oleh Anna Hutchison), gadis yang otaknya agak mesum. Bersama ketiga temannya, Dana si gadis yang baik hati (diperankan oleh Kristen Connolly), Holden si cowok cerdas (diperankan oleh Jesse Williams), dan Marty si pengisap ganja (diperankan oleh Fran Kranz), mereka mencoba menguak misteri yang terjadi di hutan.

Kekuatan TCITW terletak pada script. Duet Joss Whedon (yang baru-baru ini sukses menelurkan “The Avengers”) dan Drew Goddard (script writer untuk horror-apocalyptic “Cloverfield”) berhasil menciptakan plot yang menarik. Jalan cerita yang mereka untai mampu membuat gw terus bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi di hutan tersebut. Drew yang juga menduduki kursi sutradara berhasil membuat penggambaran horor yang menakutkan sekaligus mengejutkan.
"OK, I'm drawing a line in the fucking sand. Do NOT read the Latin!" -- Marty
TCITW merupakan persembahan spesial bagi para pecinta film horor. Memang, film seperti ini mungkin tidak akan eksis di ajang penghargaan perfilman, tetapi jika Anda seorang fanboy film horor, Anda akan terpukau dengan film ini. Ini semacam pesta bagi penikmat film horor yang mungkin bosan dengan horor-horor Hollywood tidak berkelas yang justru marak menghiasi layar bioskop akhir-akhir ini. Namun, bukan berarti penonton yang tidak terlalu gandrung dengan film horor akan kecewa dengan film ini. Tetap saja, bagi gw yang juga ga punya jam terbang tinggi dalam menonton horor (baca: amatir), TCITW menyajikan cerita yang sungguh mindfuck. Gw bahkan terperangah beberapa menit seusai menonton film ini. I was totally mind-blowed.

Alhasil, nikmatilah film ini tanpa ekspektasi apapun. Niscaya, kenikmatan menonton TCITW akan berkali-kali lipat. Hati-hati dengan spoiler yang berkeliaran di dunia maya. Joss Whedon, tahun ini, telah menunjukkan bahwa ia punya kualitas dalam memanjakan movie-lover, terutama para fanboy. Film yang tadinya hendak di-convert ke 3D namun batal karena masalah finansial ini membuktikan dirinya mampu tampil begitu memukau. Bisa jadi, film ini berpotensi menyandang status cult. Sekali lagi, TCITW is a great party for all horror-lovers!

The Cabin in The Woods


 very good 

The Cabin in The Woods
THE CABIN IN THE WOODS
YEAR 2012
GENRE Horror, Thriller
CAST Kristen Connolly,
Chris Hemsworth,
Fran Kranz
WRITER Joss Whedon,
Drew Goddard
DIRECTOR Drew Goddard
MORE ABOUT THIS MOVIE
see IMDB page

4 comments:

  1. minta barrrr :D udah yang 720p kan?

    ReplyDelete
  2. Suka, suka, suka,suka!! Bermula dari tipikal setting buat film slasher, berakhir dgn semua makhluk mythical dan horror breaking loose, ini baru bisa dinamakan brilliant!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Dibilang orisinil juga sebenernya ga orisinil2 banget ya (karena katanya banyak reference ke Evil Dead), tetapi Goddard dan Whedon benar-benar mampu mencampuraduk itu semua dalam bentuk horor yang paketnya ga spesial tetapi brilian.

      Delete

Share your thoughts!